ELBOW BURSITIS DAN PENANGANANNYA

ELBOW BURSITIS DAN PENANGANANNYA

11156152_523303034477154_8123222318308731513_n

Elbow bursitis atau student elbow atau olecranon bursitis adalah peradangan dan pembengkakan yang terjadi pada bursa yang terletak dibelakang siku. Bursa pada siku berfungsi untuk menghisap cairan yang berfungsi melumasi sendi agar antara satu tulang dengan tulang yang lain tidak saling bergesekan, bila terjadi peradangan ataupun pendarahan pada bursa maka bursa akan meradang dan menimbulkan nyeri dan pembengkakan. Elbow bursitis sering terjadi pada para pelajar karena aktivitas sehari-harinya yang kurang memperhatikan biomechaniks dan ergonomy. Pelajar sering melakukan berbagai aktifitas yang dapat menimbulkan gesekan berulang-ulang atau hantaman keras pada siku terutama pada saat aktivitas belajar mengajar yang sering menggunakan sikunya sebagai bantalan/samdaran dimeja.
Elbow bursitis bisa dicegah dengan memakai pad khusus untuk siku dalam melakukan olahraga yang rentan terhadap siku secara berulang-ulang seperti cricket, baseball ataupun sepakbola. Para pelajarpun disarankan menghindari gerakan yang memungkinkan menjadikan siku sebagai sandaran dimeja.

Treatment.
Jika terjadi peradangan pada siku maka pengaplikasian ice selama 10-15 menit sampai nyeri dan peradangan menghilang sangat disarankan. Terkadang dokter akan memberikan obat anti peradangan seperti ibuprofen. Jika peradangan bertambah besar biasanya dilakukan pengambilan cairan untuk menghisap cairan dengan memasukkan jarum pada bursa dan menghisapnya. Dalam beberapa kasus peradangan pada bursa siku yang parah, dokter akan mengimobilisasi siku atau memberikan suntikan steroid.

Sumber : Fisioterapi all in one

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>