Pentingnya Penghimpunan Data Dalam Statistik

Penghimpunan data adalah Pengolahan data yang dapatdilakukansecara manual maupun dengan system komputerisasi melalui berbagai aplikasi pengolah data. Penghimpunan data dapat diperoleh melalui formulir-formulir yang sudah dibuat sebelumnya, seperti formulir penerimaan siswa baru, formulir pasien rumah sakit, formulir pengajuan pembukaan rekening bank dan lain sebagainya.
Manfaatpenghimpunan data
•Dapat mengetahui fakta secra langsung atau nyata
•Mendapatkan data yang tidak diragukan lagi (pasti)

Statistik
Statistik adalah ilmu yang mempelajari bagaimana merencanakan, mengumpulkan, menganalisis, menginterpretasi, danmempresentasikan data.

Manfaat dalam statitik dikehidupan sehari-hari
•Dalam ibu rumah tangga manfaat statiska untuk mengatur membelanjakan uang kebutuhan keluarganya. Dan meminimalisir berapa jumlah uang yang harus dikeluarkan setiap bulannya untuk uang belanja, listrik, dll.
•Dalam mahasiswa menggunakannya untuk perhitungan Indeks prestasi
•Dalam bidang fisioterapi dapat digunakan untuk mengetahui perbandingan jumlah kasus yang sering dialami dalam berbagai kalangan.

Kesimpulan
Pentingnya penghimpunan data dalam statisika dalah mampu membantu mempermudah dalam kehidupan sehari hari karena dalam statistik kita merencanakan, menganalisis berbagai hal dengan persiapan sehingga mempermudah dan mencegah hal yang tidak diinginkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>